Jam dunia

Senin, 17 Januari 2011

TERUMBU KARANG

Terumbu Karang adalah bangunan ribuan karang. Terumbu Karang menjadi tempat hidup berbagai ikan dan mahluk laut. Bayangkanlah terumbukarang sebagai sebuah sebagai sebuah kota yang sangat sibuk,
bangunannya terdiri dari karang-karang, dengan ikan-ikan mahluk laut sebagai penghuninya.
Karang yang hidup di laut terlihat seperti batuan atau tanaman, mereka sebenarnya adalah sekumpulan hewan kecil yang dinampakan polip. Ada 2 macam karang, yaitu karang batu ( hard corals ) dan karang lunak ( soft corals ). Karang batu merupakan karang pembentuk terumbu, tubuhnya keras seperti batu dan karangnya terbuat dari kalsium karbonat atau zat kapur. Karang batu hanya hidup di perairan dangkal. Krang lunak bentuknya seperti tanaman, karang lunak dapat hidup baik di perairan dangkal maupun perairan dalam. 
ternyata pertumbuhan karang itu sangat lambat, selama 1 tahun  karang hanya dapat menghasilkanbatu karang setinggi 1 cm. Jadi, selama 100 tahun karang batu itu hanya tumbuh 100 cm.


Jika karang yang tingginya 5 meter rusak, di perlukan 500 tahun agar kembali sepeti semula. Bayangkanlah betapa lamanya !
Oleh karena itu kita harus dapat melestarikan terumbukarang akan bahaya kerusakan, perlu memiliki kesadaran kolektif bahwa kerusakan yang terjadi akan mengancam kepunahan semberdaya alam kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar